ARTIKEL PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DALAM BIDANG AGROTEKNOLOGI

peran Teknologi Informsi dalam penyuluhan pertanian

Perkembangan teknologi informasi dan multimedia begitu cepat sehingga menuntut peningkatan kualitas sumber daya tenaga penyuluh. Penyuluh pertanian dituntut untuk memahami teknologi informasi dan komunikasi selain dari ilmu-ilmu mengenai pertanian. Oleh sebab itu para penyuluh juga harus mampu mengaplikasikan teknologi informasi sebelum mereka melakukan penyuluhan-penyuluhan.

Penyuluhan pertanian adalah suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan pertanian guna meningkatkan hasil usaha dan tingkat kehidupannya.

FUNGSI - FUNGSI PENYULUHAN :

1. Penyuluhan berfungsi memberikan jalan kepada petani untuk mendapatkan kebutuhan informasi tentang cara bertani atau teknologi baru untuk meningkatkan produksi, pendapatan dan kesejahteraannya. Dengan demikian fungsi penyuluh adalah menimbulkan
kesadaran kepada petani agar dengan kemauan sendiri dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
2. Penyuluhan berfungsi menjembatani kesenjangan antara praktek yang harus atau biasa dijalankan oleh petani dengan pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang yang menjadi kebutuhan petani tersebut. Penyuluh pertanian akan membimbing petani dengan pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang untuk diterapkan kepada petani dalam usaha taninya. Sebaliknya jika petani mempunyai masalah yang memerlukan pemecahan para ahli, seperti kegagalan panen akibat serangan hama/keadaan tanahnya dapat disampaikan kepada para ahli. Hubungan antara petani dan para ahli dapat dijembatani oleh penyuluh yang secara langsung dapat menemukan dan menginvertarisasi serta membawa masalah tersebut sehingga pemecahannya dapat dilakukan oleh para ahli.
3. Penyuluhan berfungsi sebagai penyampai, pengusaha dan penyesuai program nasional agar dapat diikuti dan dilaksanakan oleh petani dan sebaliknya pemerintah dapat memperhatikan keinginan petani seperti peningkatan produksi. Sehingga pemerintah dapat membantu program tersebut dengan pengadaan saprodi dll.
4. Penyuluhan berfungsi memberikan pendidikan dan bimbingan yang kontinyu kepada petani, berarti penyuluhan tidak akan berhenti karena yang diinginkan adalah pertanian
yang baik, maju serta tangguh sesuai dengan perkembangan zaman.

Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi juga merupakan :

a. Seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informal.

b.Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan
perangkat lunak) yang digunakan untuk memroses dan menyimpan
informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untik mengirimkan
informasi

c.teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data,suara dan video.

Teknologi merupakan hal yang sangat penting di zaman yang modern seperti sekarang ini. jika kita tidak mengikuti perkembangan saat ini maka kita akan sangat tertinggal dan kita akan terlambat sekali untuk maju.

Teknologi informasi sangat penting peranannya dalam penyuluhan, yaitu :

1. Penggunaan teknologi informasi (TI) dalam dunia penyuluhan pertanian adalah untuk menyampaikan informasi secara langsung dan pengetahuan yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam membuat keputusan sehingga dengan menggunakan teknogi informasi yang ada seperti saaat ini para petani mudah untuk menerima informasi-informasi yang diberikan oleh para penyuluh.
2. Dengan menggunakan teknologi informasi dalam penyuluhan dapat membantu menyelaraskan antara hasil pertanian dan kebutuhan pasar, serta menuju tercapainya perbaikan kualitas, produktifitas, dan meningkatkan pendeteksian harga.

3 komentar:

Yusuf Prasetyo mengatakan...

trimah kasih telah mengunjungi blog sederhana ini, smoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Yusuf Prasetyo mengatakan...

trimah kasih

siska mengatakan...

trims

Posting Komentar